MM Direx 2014, Menguji Sistem Penanggulangan Tsunami

Padang, Zamrudtv — Jumat ini, Wakil Presiden Budiono bakal meresmikan simulasi Mentawai Megathrust Disaster Relief Exercise (MM Direx) 2014. Acara simulasi untuk menguji sistem penanggulangan tsunami bersama 18 negara asing lainnya. Acara dipusatkan dikawasan Pantai Padang Danau Cimpago dan Pantai Muaro Lasak, Kota Padang.

Kegiatan yang melibatkan 3.891 orang bertujuan untuk membangun kapasitas masyarakat agar tangguh dan bisa survive menghadapi ancaman bencana.
Selain itu, meningkatkan kapasitas sharing informasi mengatasi kesenjangan kerja sama international, dan memperkuat keterpaduan operasi antar-pemangku kepentingan di kawasan.

“Mentawai Megathrust Disaster Relief Exercise 2014 merupakan latihan melibatkan sipil-militer dari negara-negara tergabung dalam KTT Asia Timur terdiri dari sembilan negara, yakni China, Jepang, Korea, India, Selandia Baru, Australia, Amerika, dan Rusia,” ujar Menko Kesra Agung Laksono pada Gelar Personil dan Peralatan MM Direx 2014, di Pangkalan TNI AU Tabing Padang, kemarin (20/3).

Mentawai Megathrust merupakan nama zona ancaman tsunami yang berada di bawah Mentawai. Berdasarkan hasil kajian para ahli geologi menunjukkan adanya ancaman nyata yang akan dihadapi masyarakat Sumatera Barat. Maka diperlukan latihan untuk penguatan masyarakat dengan melakukan evakuasi mandiri, agar mengetahui apa yang harus dilakukan setelah terjadinya bencana dan sebelum datangnya bantuan pihak lain.

“Maka dari itu, latihan penanggulangan bencana ini dapat menguji keefektifan kordinasi antar negara serta melatih kesiapan operasi penanggulangan bencana antara kementerian dan lembaga yang terlibat,” ujar Agung.

Skenario latihan ini adalah, terjadi gempa berskala 8,9 SR sekitar pukul 15 km sebelah laut Pulau Siberut berkedalaman 12 km dengan jangkauan di sepanjang pesisir wilayah Sumbar, Bengkulu, Sibolga hingga pesisir barat wilayah Aceh. Lalu dilakukan evakuasi dan operasi penanggulangan bencana melibatkan berbagai negara. (tim/zamrudtv.com)

About r3gel

Seorang blogger yang hobi menulis apa saja
This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a comment